Religiusitas dan Pemahaman Produsen terhadap Kepatuhan Sertifikasi Labelisasi Halal Di Kec. Lengayang, Pesisir Selatan

Authors

  • Rahmina Auliyah UIN Imam Bonjol Padang
  • Ahmad Wira UIN Imam Bonjol Padang
  • Hulwati UIN Imam Bonjol Padang

Keywords:

Religiusitas, Pemahaman, Sertifikasi Labelisasi Halal

Abstract

The inclusion of halal label certification on food makes it an effective means for consumers to sort halal food more easily and is a form of producer responsibility in doing business and protecting consumers. However, consumers have the right to know and obtain clear and detailed information regarding each composition or material used in the manufacture of products that have been traded. This is also because the products circulating in the community are not necessarily safe, especially for Muslim consumers. This study aims to examine the effect of religiosity and producer understanding of halal labeling certification on food products. The data used are primary data and secondary data. Variable testing was carried out using the classical assumption test, multiple linear regression analysis statistical tests through the SPSS 16 program analysis.

References

Akim, dkk, Pemahaman Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jatinangor Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan, Kumawula, Vol.1 no,1, 2018.

Aviyah, Evy dan Muhammad Farid. Religiusitas, Kontrol Diri dan Kenakalan Remaja. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia Mei 2014, Vol.03, No.02.

Azwar, Saifuddin, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Bungin, Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Depok: Prenadamedia, 2018.

Gozhali, Imam. Analisis Multifariate SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005.

Hayet, Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Peoduk Kosmetik (Studi Kasus di Kota Pontianak Kalimantan Barat, Indonesia), Universitas Tanjungpura, Pontianak, Jurnal-Volume 10, 2019.

Hidayatullah, Muhammad Syarif, Sertifikasi Labelisasi Halal Pada Makanan Dalam Presepktif Hukum Islam, Jurnal: Pemikiran Hukum dan Hukum Islam, Vol.1,No.1, 2020.

Huda, Nurul dan Muchlisin, Pengaruh Label Halal pada Makanan terhadap Konsumsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta.”Jurnal Suhuf, Nomor 26, Volume 2, 2014.

Iqbal, Hasan, Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia,2002.

Oktavia, Nursanti Dwi, Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Makanan Halal ifdi Kabupaten Bantaeng, Skripsi, 2020.

Philip, Kotler. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jakarta: Prentice Hall, 1997.

Purnomo, D, Strategi Pengembangan Agroindustri Halal dalam Mengantisipasi Bisnis Halal Global, Disertasi. Bogor: Institut Pertanian Bogor,2011.

Pramintasari, Talisa Rahma & Indah Fatmawat, Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, jurnal-Volume 7, 2017.

Rahim, Norafni Farlina, Zurina Shafii dan Syahidawati Shahwan, Awareness and Perception of Muslim Consumers on Non-Food Halal Product, Vol. 4, No. 10, 2013.

Riduwan, Skala Pengukuran variabel-variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sahputra, Ardani, dan Hanny Nurlatifah, Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, dan Halal Terhadap Keputusan Memilih Melalui Attitude dan Brand Trust Pada Bakeri Modern (Studi Kasus 3 Bakeri Top Brand), Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, Vol.1, No. 1, 2020.

Sari, Dewi Kurnia &Ilyda Sudardjat, Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhdap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan Pada Masiswa Kedokterdan Universitas Sumatera Utara, Jurnal Ekonomi dan Keuangan Volume 1, 2013.

Selvianti, Fanika, Pengaruh Religiusitas, Label Halal, dan Alasan Kesehatan terhadap Keputusan Membeli Produk Makanan Instan Korea, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Jurnal-Volume 3, 2020.

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta, 2003.

Sukirno, Sadono. Mikro Ekonomi Modern: Perkembangan Pemikiran dari Klasik Sampai Keynesian Baru Edisi 1, Jakarta: Raja Grafindo, 2000.

Syafrida, Sertifikasi Halal Pada Produk Makanan Dan Minuman Memberi Perlindungan Dan Kepastian Hukum Hak-HakKonsumen Muslim, Jurnal Hukum, Vol. 7.

Tarigan, Azhari Akmal, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Medan: La tansa Press, 2011.

Umar, Husein. Riset Strategi Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Wulandari, Sri, Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie Di Sido

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Auliyah, R., Wira, A., & Hulwati, H. (2023). Religiusitas dan Pemahaman Produsen terhadap Kepatuhan Sertifikasi Labelisasi Halal Di Kec. Lengayang, Pesisir Selatan. Mantagi: Journal of Interlegality, 1(1), 15–26. Retrieved from https://mantagiinstitute.or.id/ojs/index.php/mji/article/view/7

Issue

Section

Articles